Konteks dan Nilai Jual
BAGAIMANA CARA HERMES JUAL TAS KRESEK HARGA 1 JUTAAN
Oleh: Saiful Islam
Pernah jual kantung plastik semacam tas kresek 1 juta rupiah?
Saya berikan sebuah contoh sebagai inspirasi.
Baru-baru ini netizen dihebohkan postingan Princess Syahrini di IG dengan Hermes Rain Coat Kit nya alias tas kresek pelindung Hermes kesayangannya.
Postingan ini bikin geger karena harga pembungkus 'tas kresek' tetangganya itu yang ora umum babar blas.
HERMES BAG 'rain coat kit' yg dipakai si princess ditengarai seharga 78 USD alias 1 jutaan rupiah.
Banyak yang berkomentar.. "Wuihhh.. 1 juta cuman buat 'tas kresek' doang. Bisa buat makan sebulan nih"
Bagi seorang incess Syahrini.. nilai 1 juta dibandingkan Hermes Birkin 35 Bag Blanc Himalaya Exquisite Skin Limited Edition yang harganya USD 185,950 atau sekitar Rp 2,43 milyar jelas tidak ada apa-apanya.
Anggap saja tas kresek putih asli di gambar sampingnya setara kualitasnya dengan yg ada di minimarket berarti harganya 200 rupiah.
Artinya dari Rp 200,- ke Rp 1 juta itu sudah terjadi peningkatan 5000x lipat.
Sepremium-premiumnya harga kantung plastik, Anda diminta bayar 2000 aja bawaannya udah males.
Misal nih Anda di Indomaret, beli air mineral 2 botol 1.5 literan total 10 ribu. Tiba-tiba kasirnya nyeletuk.. "Pake kantung plastik nya Mas.. 2 ribu aja.."
"Mahal amaat Mbak.." kata Anda
"Iya Mas.. ini tebel banget Mas, kualitas super.. kedap air Mas.. kuat bisa dijadiin helm..saking kuatnya kalo Mas nya jatuh dari motor kena aspal.. dijamin gak akan kenapa-kenapa" kata si kasir
"Seriuss.. kepala Sy gak kenapa-kenapa Mbak?"
"Bukan Mas.. kreseknya maksudnya yg gak kenapa2.."
Waduuuhh...
Apakah pas beli Hermes rain coat itu Teh Syahrini juga mempertanyakan harga tas anti hujan buat kesayangannya yang harganya seharga rumah itu?
Tentu saja tidak.. mungkin si Teteh cm bilang.. "Don't rich people difficult laah Saayy" (Jangan kaya orang susah lah sayy, terjemahan)..halaah :D
DISAINLAH CONTEXT YANG MAMPU MENENGGELAMKAN
Kenapa kresek yg 200 dipertanyakan sedangkan HERMES rain coat yg sejuta gak diperdebatkan sama sekali?
Jawabnya CONTEXT DESAIN.. Sebenarnya HARGA itu sifatnya PERSEPTIF. Artinya ia sebenarnya tidak bisa berdiri sendiri.
MAHAL atau MURAH akan muncul jika dibandingkan jika ada pembandingnya.
Nilai 2000 jika dibandingkan dengan 10.000 itu akan dipersepsikan MAHAL jika posisinya sebagai atribut atau tambahan.
Bandingkan dengan harga 1 juta terhadap 2 milyar, maka ia hanya seper dua ribu atau 0.05% dibandingkan dengan MAIN ITEMnya.
Dengan posisi sama-sama hanya sebagai atribut, maka 0.05% adalah jauh lebih murah dibandingkan dengan 20%. Lebih tepatnya dalam ilmu perbandingan atau komparasi, sebenarnya harga tas kresek yg 2000an tadi dipersepsikan 400x lebih mahal dibandingkan dengan tas anti hujan pembungkas tasnya princess.
Sudah kebayangkan bagaimana cara kita mendapatkan margin lebih tinggi dari suatu barang.
Desain CONTEXT nya sedemikian rupa sehingga harga dari ITEM ATRIBUT seolah TENGGELAM dibandingkan dengan harga MAIN ATRIBUT nya.
Saya berikan contoh yang lain..
Saya pernah diundang main temen Saya ke rumah ortunya yg mantan CEO perusahaan terkemuka di Indonesia. Saya amati furniture-furniture nya yang apik dan serasi dengan rumah beliau yg disamping padang golf.
Beberapa set furniture disana dalam kalkulasi Saya beberapa set meja kursi, ornamen-ornamen dan aksesoris kalo pake standard harga INFORMA bisa menyentuh harga 500 jt an.
"Bagus-bagus ya Mas furniturenya, beli dimana?" tanya Sy kepo
"Ohh.. gak beli koq Mas.. sudah bawaan rumahnya.." jawab dia merendah
Busyeettt.. perabot-perabot dan furniture mahal gini dikasih gratis. Nelen ludahh..
Pulang dari sana iseng-iseng Sy browsing harga rumah di tempat itu.. harga 2010 saja sudah 15 M sudah fully furnished.
Oo..pantesan..
Ssttt...ternyata ini juga salah satu mesin uangnya developer hunian loh.. dapat margin tinggi dari interior
Terus apa takeways nya dari cerita ngalor ngidul ini.
Pintar-pintarlah mendesain CONTEXT agar items yang ingin Anda genjot marginnya TENGGELAM dari pembandingnya.
Anda bisa jual aksesoris hijab dg margin sampe 100% jika Anda sisipkan aksesoris tersebut ke hijab yg harganya jutaan.
Aksesoris itu akhirnya juga bikin hijab makin cantik dan elegan.
Ada juga trainer yg membundling paket pelatihannya dengan paketan umroh. Dan akhirnya menjadi Unique Selling Proposition (USP) yg powerful buat jualan main itemnya.
Jika Anda membiarkan sebuah item berdiri sendiri maka customers akan secara otomatis akan mencari pembanding harga yang sejenis. Kalo begini Anda akan susah mencari margin tinggi. Untuk itulah pintar-pintarnya Anda mendefinisikan kemana items Anda akan dijual akan menentukan sebarapa tinggi margin yang bisa Anda mainkan.
Strategi PENYERTAAN (ATTACHMENT) untuk pengalihan perhatian seperti ini sangat efektif untuk menjual barang dengan margin tinggi. Ini hanyalah salah satu variasi CONTEXT DESIGN yg bisa kita aplikasikan di business kita.
Temukan ide Anda, dan eksekusi dalam ide Anda.
Semoga menginspirasi..
----------------------------------------------------------------
yea-indonesia.com
Comments
Post a Comment