Dukungan untuj fatwa lebay, darurat tidak sholat jamaah
Terkait Shalat Berjamaáh
Pertama : Boleh meninggalkan shalat berjamaáh dan shalat jumát.
Jika kota telah ditetapkan sebagai kota wabah, dan sudah semakin banyak korban maka tidak mengapa seseorang untuk tidak shalat berjamaáh dan bahkan tidak mengapa untuk meninggalkan shalat jumát.
Hal ini karena diantara hal yang bisa menjadikan kewajiban berjamaáh adalah hujan, takut, sakit, angin kencang, dan semisalnya, maka bagaimana lagi dengan kawatir dengan virus yang bisa menimbulkan kematian dan tersebar begitu cepat.
Kaidah pertama : Semua udzur yang membolehkan untuk meninggalkan shalat
berjamaáh itulah juga udzur untuk membolehkan meninggalkan shalat jumát
أَ ْعذَا ْر ِفي تَ ْر ِكْ ا ْلجما َع ِة، ِهيْ أَ ْعذَا ْر ِفي تَ ْر ِكْ ا ْل ُج ْمع ِة، فَلَْ تَج ُبْ ا ْل ُج ْمعةُْ َعلَى َخا ِئ ٍفْ َعلَى نَ ْف ِس ِهْ أَ ْوْ ما ِل ِه، ولَْ َعلَى م ْنْ ِفي ََََََََِ
َََََْ طرْيِقِهْمطر،ولْ َعلىمنْلُهْمرْيضْ َي َخا ُفْ َضَيا َعُهْ
ََََِِ
“Udzur-udzur yang membolehkan meninggalkan shalat berjamaáh itulah udzur untuk meninggalkan shalat jumát. Maka tidak wajib jumát bagi orang yang takut atas (keburukan menimpa) dirinya, atau menimpa hartanya, demikian juga orang yang
kehujanan dalam perjalanannya (menunju masjid), demikian orang yang sedang mengurusi orang sakit yang dikawatirkan akan terlalaikan (jika ia meninggalkannya untuk shalat jumát)” (Al-Bayaan fi madzhab al-Imam Asyafií 2/545)
Kaidah kedua : Udzur-udzur tersebut bersifat umum yaitu semua hal yang menimbulkan kesulitan. An-Nawawi berkata :
َ ه ذ َ ا
ََََْْْْْ
أ ن ْ َ ب ا ب ْ ا لْ ْ ع ذ َ ا ْ ر ِ ف ي ت َ ْ ر ِ ك ْ ا ل ُ ج م ع ِ ة ْ و ا ل ج م ا َ ع ِ ة ْ ل ْ ي س ْ م ْ خ ُص و ًص ا َ ب ْ ل ْ ك ُ ل ْ م ا ل ِ ح َ ق ْ ب ِ ه ْ م َ ش ق ة ْ َ ش ِ د ي َ د ة ْ ف َ ه و ْ ُ ع ذ ْ ر و ا ل و ح ُ ل ْ ِ م ْ ن ْ َِ ََََََُ ََِ ََََُ
“Sesungguhnya permasalahan udzur-udzur yang membolehkan meninggalkan shalat jumát dan shalat berjamaáh bukanlah udzur khusus, akan tetapi semua yang mendatangkan kesulitan yang berat maka termasuk udzur. Dan becek termasuk udzur” (Al-Majmuu’ Syarh al-Muhadzzab 4/384)
Jika becek dan hujan saja bisa menjadi udzur untuk meninggalkan shalat jumát dan shalat berjamáah maka apalagi kawatir terkena penyakit korona yang bisa merenggut nyawa, bukan nyawa sendiri bahkan nyawa keluarga dan banyak orang (karena resiko penularan yang begitu cepat). Demikian juga orang yang sakit dan yang kawatir terkena penyakit maka boleh meninggalkan shalat berjamaáh dan shalat jumát.
Al-Mardawi berkata :
َْْْْ
{و ُي ْعذَ ُْر ِفي تَ ْر ِكْ ال ُجمع ِةْ والجما َع ِةْ المري ُضْ }ب َلْ ِن َزاع، و ُي ْعذَ ُْر أ ْي ًضا ِفي تَ ْر ِكهما ِل َخ ْو ِفْ ُحدُو ِثْ المر ِضْ
َ ََََََُِِ َِ ََ ٍ
“Dan orang yang sakit diberi udzur untuk meninggalkan shalat jumát dan shalat berjamaáh tanpa ada perselisihan. Dengan diberi udzur juga untuk meninggalkan shalat jumát dan shalat berjamaáh karena ketakutan munculnya penyakit” (Al-Inshoof 2/300)
Jika seseorang boleh meninggalkan shalat berjamaáh karena makanan yang sudah hadir dan juga karna menahan buang air karena pikirannya tersibukan tidak bisa khusyu’, maka terlebih lagi ketakutan terhadap virus corona. Bagaimana seseorang shalat sementara pikirannya paranoid terhadap dirinya dan orang-orang disekitarnya. Terlebih lagi virus corona tidak kelihatan, dan juga orang yang terjangkiti virus tersebut bisa jadi tidak langsung nampak tanda-tandanya. Bisa jadi ia merasa sehat ternyata ia terjangkiti, lantas ia berinterakasi dengan orang-orang lain akhirnya ia ikut menularkan
virus tersebut.
Juga berdasarkan kaidah fikih َْد ْفعْ ا ْلم َضا ْر مقَدمْ َعلَى ج ْل ِبْ ا ْلمصا ِلح “Menolak kemudorotan
ِ
didahulukan daripada meraih kemaslahatan”
https://www.facebook.com/100008018976839/posts/2638043433139597/
Comments
Post a Comment